Sabtu, 21 Juni 2014

Beberapa Jurusan dan Pekerjaan Menarik

Psychology




Psikologi merupakan sebuah ilmu yang mempelajari proses mental manusia melalui tingkah laku manusia itu sendiri dan memperhatikan pengaruh yang menyebabkan terjadinya tingkah laku tersebut. Untuk menjadi seorang psikolog, seseorang harus mengambil master (S2) psikologi. Psikologi mencakup segala ranah kehidupan manusia. Ada psikologi klinis, perkembangan, sosial, psikologi industri dan organisasi, pendidikan, juga terapan terhadap kebutuhan manusia seperti psikologi olahraga.





Achitecture



Pendidikan Desain Interior adalah pendidikan yang berorientasi kepada kebutuhan masyarakat terhadap hal-hal yang berkaitan dengan bidang interior yang menyeluruh dan matang dari tahap konsep sampai perencanaan visualnya. Lulusan Program Studi Desain Interior diharapkan tanggap dan peka dalam mengantisipasi perkembangan interior yang berkaitan dengan perubahan sosial, perkembangan teknologi, tuntutan masyarakat, dan perubahan trend yang terjadi dalam masyarakat dan lingkungan serta berkompetisi dalam pasar global.


Jurusan desain interior dapat kita temui di Insitut Teknologi Bandung, Insitut Seni Indonesia Yogyakarta, Institut Sains dan Teknologi T. D. Pardede, dan perguruan tinggi lainnya.








Fashion Design





Keterampilan menggambar, coloring, serta imajinasi menjadi nilai plus bagi seorang fashion designer (perancang busana).







Interior Design











Program studi Desain Interior adalah salah satu bidang studi keilmuan yang diasarkan pada ilmu desain. Bidang keilmuan ini bertujuan untuk dapat menciptakan suatu lingkungan binaan (ruang dalam) beserta elemen-elemen pendukungnya, baik fisik maupun non fisik, sehingga kualitas kehidupan manusia yang berada didalamnya menjadi lebih baik. Ada tiga hal utama yangmenjadi kajian dalam desain interior, yaitu ruang, alat dan manusia penggunanya.
Dalam mempelajari desain interior diperlukan penguasaan sejumlah pengetahuan yang berkait dengan aspek kebutuhan manusia didalam ruang sebagai makluk individual maupun sosial. Pengetahuan yang dimaksud mencakup : sejarah desain, psikologi, sosiologi, ergonomi, konstruksi bangunan, fisika teknik,metodologi dan estetika. Selain pemahaman terhadap pengetahuan yang mendukung diperlukan juga penguasaan keterampilan dalam proses perancangan desain interior antara lain kemampuan membuat program, kemampuan membuat presentasi desain, kemampuan komunikasi dan sebagainya.

Bidang kajian program studi interior meliputi :
  • Bidang perancangan fasilitas tidak bergerak : fasilitas pendidikan, fasilitas komersial, fasilitas rekreasi, eksibisi, terminal dan hunian. Fasilitas bergerak antara lain : sarana transportasi รข€“ bus, kapal laut, kereta api.
  • Bidang keahlian furniture
  • Bidang keahlian teknologi dan ilmu bahan.










Voice / Vocal



Untuk jurusan vocal, sudah pasti dibutuhkan keterampilan bernyanyi (kemampuan musikal). Calon mahasiswa harus melalui serangkaian tes, seperti solfegio. Jurusan ini ada di beberapa institut seni Indonesia baik perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta (ISI, IKJ, Institut Musik Indonesia, dll). Di luar negeri ada Juilliard Art School, salah satu sekolah seni terkenal yang menyediakan jurusan voice.





Dance






Sama seperti jurusan vokal, jurusan tari (seni tari/ dance) ini juga membutuhkan keterampilan menari (kinestetik).  Setiap calon mahasiswa akan di tes untuk melihat kemampuan mereka. Calon mahasiswa diharuskan membawakan sebuah tarian. Tidak banyak jurusan dance yang biasa disebut seni tari di Indonesia. Salah satu perguruan tingginya adalah Institut Seni Yogyakarta. Beberapa jurusan pendidikan seni tari  di beberapa universitas di Indonesia digabung dengan drama dan musik menjadi 'Sendratasik' di Universitas Negeri Medan dan Universitas Negeri Makassar atau hanya digabung dengan seni musik seperti di Universitas Negeri Malang.












Tidak ada komentar:

Posting Komentar